SIAPA BILANG PANEN JATI LAMA ? , CREATED BY CV. AHM

Jati Jumbo Neo Solomon umur 5.5 tahun diameter 35 cm tinggi 10 meter di Madiun

Dalam artikel sebelumnya telah kami sampaikan beberapa referensi, data dan fakta bahwa tanaman jati telah dibudidayakan sejak awal peradaban manusia hingga saat ini. Memang secara kualitas, kayu jati jika dibandingkan dengan  jenis kayu lainnya memiliki keunggulan diantaranya kayu jati adalah kayu yang tahan lama, tidak mudah retak meskipun diukir halus, serta anti serangan bubuk.

Secara komersiil harga kayu jati cukup tinggi. Kebutuhan kayu jati domestik jauh lebih tinggi dibanding jenis kayu lain dan pasokan kayu jati yang ada sering tidak dapat memenuhi kebutuhan baik untuk kebutuhan domestik maupun ekspor mengingat waktu panen kayu jati sangat lama. Hal inilah yang menjadi kendala para calon peminat budidaya tanaman jati  kemudian mengurungkan niatnya dan akhirnya tidak jadi menanam jati dan kemudian beralih ke budidaya komoditi lain.

Tiap masalah pasti ada solusi, begitu juga masalah lamanya panen kayu jati pun ada solusinya, mohon izin CV. AHM berbagi pengalaman barangkali bermanfaat untuk para pecinta tanaman jati.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan baik secara keseluruhan maupun sebagian agar panen kayu jati tidak lagi lama, diantaranya;

  1. Melalui rekayasa genetika percepatan tumbuh, diantaranya dengan pelipatan kromosom sehingga masa panen kayu jati tidak lagi menunggu 30 tahun namun cukup dalam waktu kisaran waktu di bawah 10 tahun sudah bisa panen dengan volume yang lebih besar, dengan kualitas kayu yang lebih baik.
  2. Memberikan penggenjahan tanaman melalui akar dengan diierkan Jamur Mikoriza, sehingga akar tanaman jati menjadi lebih banyak , lebih besar dan lebih panjang, hal ini akan mempercepat pertumbuhan tanaman.
  3. Melalui penyayatan kulit kambium kayu dan diberikan hormon dan enzim dari bagian atas hingga bawah sehingga kayu lebih cepat melebar / membesar
  4. Dilakukan budidaya jati dan ternak (sapi, kambing, Ayam) yang mana kotoran ternak dilakukan fermentasi menjadi kompos kemudian digunakan untuk pemupukan tanaman jati. Sebagai testimoni Tanaman Bapak Putut menanam bibit jati Jumbo Neo Solomon dari CV. AHM dengan dibarengi usaha ternak sapi  di daerah Madiun, al hasil tanaman jati uur 5,5 tahun diamter 35 cm tinggi 10 meter.
  5. Satu lagi yang bisa dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman jati sekaligus untuk dapat memanfaatkan lahan sekaligus menghasilkan income dalam waktu yang relatif singkat yakni dengan dilakukan penanaman tumpangsari antara tanaman jati dengan tanaman pisang satu siklus selama 3 tahun.

Selam 3 tahun bisa panen pisang dn setelah 3 tahun waktu pembesaran kayu tanaman jati dapat dipercepat dengan memanfaatkan bonggol / gedebog pisang yang tersisa. Dalam ilmu nutrisi tanaman diketahui bahwa ternyata dalam bonggol pisang mengandung banyak gibrelin sebagi hormon percepatan tumbuh tanaman.

Demikian di atas, mungkin bisa menjadi solusi masalah lamanya panen kayu jati.

Hal – hal lain terkait dapat dibaca lebih lanjut di www. Investasijatislomon.com dan jika ada yang perlu ditanyakan lebih lanjut mohon hubungi kami  CV. AHM, cq. Bpk Hari Winarsa  melalui WA, SMS, Telp . 081381366188

CV. Alam Hijau Makmur ( CV. AHM)  menyediakan produk bibit bibit jati Jumbo Neo Solomon hasil rekayasa genetika dengan hasil uji kualitas kayu yangtinggi, menyediakan Jamur Mikoriza penggenjah akar, Menyediakan Decomposer plus hormon & Enzim penyubur tanah, Penyedia Hormon & Enzim serta pisau dan alat semprot pembesaran melalui kambium, menyediakan bibit pisang untuk tumpangsari, serta kerjasama pengelolaan tanaman jati / tumpangsari. Membantu menyalurkan penjualan tanamaan jati terutamakayu jati solomon hasil penananama bibit jati Jumbo Neo Solomon CV. AHM.

(Visited 65 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *